Tujuan : Setelah mempraktikan latihan ini diharapkan siswa dapat mengetahui fungsi dasar Director dari awal sampai akahir secara sekilas. Khususnya adalah membuat multimedia interaktif profile pribadi yang terdiri dari file bitmap (*.jpg), Animasi (*.gif), Flash (*.swf) dan tombol standart Macromedia Director. Hasilnya menjadi file application / projector (*.exe) yang bisa dijalankan di computer lain. Struktur / Diagram interktif digambarkan sebagai berikut :
Materi :1. Import gambar format *.jpg; *.Gif dan *.SWF
2. Membuat tombol / button standart Director
3. Menyusun / mengkomposisi objek / sprite di score / timeline
4. Memberi perintah / Script pada tombol & frame
5. Membuat projector / file Executable (*.EXE), agar proyek anda dapat dijalankan langsung di computer lain yang tidak terinstall Macromedia Director.
Persiapan
1. Aktifkan Macromedia director (atur tampilan seperti macromedia director 8 : Klik Windows --> Panel Sets --> Director 8)
2. Atur ukuran bidang kerja / Stage agar berwarna latar belakang hitam dengan ukuran 640 x 480. Klik di bidang kosong
gambar 2
Import Gambar dan Cast Member
Setelah bidang kerja / stage siap , berikutnya meng–import data, berupa gambar dari photoshop untuk background, tombol dari flash dan animasi gif dari image Ready. Untuk materi sudah kita siapkan file-file tersebut .
1. Klik menu File --> Import, dikotak dialog import, pilih file sebagai berikut :
arrow back1.gif
back aboutme.jpg,
back biodata.jpg,
back cv.jpg,
back porto.jpg,
X.swf
Catatan:
File kback aboutme.jpg,back biodata.jpg, back cv.jpg,back porto.jpg dibuat pakai adobe photoshop, tentunya kamu sudah pada pinter kan bikinnya..?
X.Swf dibuat pakai adobe flash.
Gunakan Ctrl untuk memilih beberapa file sekaligus
Gambar 3
2. Klik Add untukk memasukkan ke dalam daftar file / file list. Klik Import bila semua siap
3. Maka ada pertanyaan di kotak dialog untuk file format *.gif. Karena file *.gif tersebut berupa animasi, pilih saha Animated Gif.
Gambar 4
4. Berikutnya untu file background format *.jpg. Agar hemat memory pilih Color Depth : Stage (24 Bits). (Image 32 Bits efektif untuk file yang mempunyai transparency / Alpha Channel). Ada 4 file *.Jpg lagi yang akan di import, agar kotak dialog ini tidak tampil berulang-ulang, aktifkan checklist : Same Setting for Remaining Images. Lalu klik OK
Gambar 5
5. Data yang sudah diimport otomatis masuk kedalam Cast Member. Cast member berfungsi untuk menyimpan data yang akan di pakai / ditampilkan pada movie / proyek kita. Agar lebih mudah dikenalai, ubah tampilan cast member dengna tampilan thumbail. Klik icon Cast Member Style.
Gambar 6
MENYUSUN DATA
Menyusun Background Halaman Menu Utama
1. Masukkan background back aboutme.jpg ke stage secara tepat, caranya : Drag back aboutme dari Cast Member ke Score. (Bisa juga men drag dari cast member ke stage, namun gambar tidak tepat di tengah layar dan perlu pengaturan kembali)
Gambar 7
Catatan :
Cast member back aboutme.jpg yang telah masuk ke dalm score disebut Sprite. Sprite back Aboutme.jpg berdurasi 30 frame tersebut menempati sprite Channel nomor 1.
Berlanjut kebagian 2....tunggu ya
Sumber : Hendi Hendratman, ST
26 August 2011
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
.. :: LADANGKU :: .
..:: MATERI SMK MULTIMEDIA :..
Dasar Kompetensi Kejuruan
1. Merakit PC
2 Instalasi OS
Standar Kompetensi
1 Etimologi Multimedia
2 Proses Produksi Multimedia
3 Proposal Penawaran
4 K3LH
5 Merawat Peralatan Multimedia
6 WEB / HTML
7 Teknik Pengambilan Gambar
8 Prinsip Seni Grafis
9 Gambar Kunci Untuk Animasi
10 Meng Gambar Clean-Up
11 Animasi Stop-Motion
12 Teks Multimedia
13 Gambar 2d Multimedia
14 Fotografi Digital Multimedia
15 Audio Multimedia
16 Story Board
17 Tata Cahaya
18 Visual Effect
K K P I
Kategori
- Algoritma (1)
- Artikel Islam (10)
- Artikel Umum (7)
- Cermin Hidup (24)
- Corel Draw (7)
- Desain Grafis (5)
- Director (7)
- Istilah Komputer (3)
- Materi Multimedia (11)
- Menggabungkan Audio (6)
- Motivasi (7)
- Pelatihan (1)
- Photoshop (4)
- Stop Motion (1)
- Taukah Kamu ? (10)
- Trik Blog (3)
- Tugas Multimedia (1)
0 comments:
Post a Comment